Breaking News
Loading...
Kamis, 09 Desember 2010

Ide Jitu Budidaya Ikan Gurami Puasa

07.16
Ide Jitu Budidaya Ikan Gurami Puasa
Ide Jitu Budidaya Ikan Gurami Puasa Hemat Pakan dan Tahan Penyakit . Bagaimana dengan nilai produksinya ? Menurut Drs Untung Susilo MS , staff pengajar biologi Universitas Jendral Sudirman ( UNSUD ) Purwokerto . Produksi tidak akan terganggu akibat pemuasaan , nilai positifnya daya tahan tubuh ikan gurami lebih baik di banding pemberian pakan normal . Berikut beberapa pemuasaan yang bisa dilakukan untuk budidaya ikan gurami yaitu  pemuasaan 1/1 dan 3/4 .
Puasa 1/1 ( selang seling ) Artinya puasa dan makan diselang seling setiap hari . Puasa 3/4 yaitu ikan di puasakan selama 3 hari dan di beri makan 4 hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bersama teamnya . Tidak ada perbedaan nyata bobot akhir gurami . Artinya tidak perlu kawatir dengan produksi akibat pemuasaan ini. Targetnya pemuasaan ini dengan pengurangan pakan tapi hasil bobot yang tetap sama dengan pemberian pakan normal.


Dari penelitian selama 14 minggu , data menunjukan dengan pemuasaan 1/1 pada awal penelitian terjadi pertumbuhan yang lebih rendah di banding pertumbuhan dengan pakan normal ( di minggu ke 6 ) .Untuk pemuasaan 3/4 di minggu awal sampai pertengahan pertumbuhan selalu di bawah pemuasaan 1/1 dan pakan normal .  Tapi di hasil akhir ( minggu ke 14 ) pertumbuhan baik dengan pemuasaan 1/1 , 3/4 dan pakan normal bobotnya menjadi relatif setara .
Daya Tahan Tubuh Ikan Gurami Puasa
Daya tahan ditunjukan dengan  meningkatnya aktifitas enzim  didalam organ pencernaan . Peningkatan enzim pencernaan disebabkan oleh nafsu makan yang tinggi setelah pemuasaan . Selain itu juga terjadi peningkatan jumlah leukosit . Jumlah leukosit merupakan indikasi peningkatan daya tahan tubuh ikan . Untuk pemuasaan 1/1 jumlah peningkatan leukosit relatif stabil dibanding tanpa pemuasaan . Hal ini terjadi karena respon tubuh ikan terhadap kondisi pakan yang tersedia .
Jadi ada 3 keutungan budidaya ikan gurami dengan pemuasaan yaitu : 1. Efisiensi pakan dan menjaga nafsu makan ikan , 2 . Daya tahan ikan akan lebih baik   3 . Mengurangi polusi air akibat kotoran ikan , jika pemuasaan otomatis kotoran yang di hasilkan ikan menurun sehingga dapat mengurangi polusi air dalam kolam.
Semoga bermanfaat dan menjadi ide peluang usaha anda

Referensi : Tabloid TransAgro Edisi 24 Nov 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Toggle Footer