Breaking News
Loading...
Selasa, 01 Februari 2011

Ide Jitu Bisnis Distro Model Sewa Lahan

02.51
Ide Jitu Bisnis Distro Model Sewa Lahan
Distribution outlet atau distro di Kota Bandung makin menjamur. Di berbagai sudut kota semakin banyak distro yang bertebaran menawarkan berbagai macam produknya.

Distro merupakan salah satu bentuk industri ekonomi kreatif yang dimulai oleh kalangan muda Bandung.

Karena keunikannya, distro bisa bertahan hingga kini. Tak sedikit kalangan selebriti ikut mencicipi bisnis yang sebagian besar berkutat di produk fashion ini.

Namun beberapa masalah kini menghadang produktifitas dari distro-distro ini mulai dari ketersediaan bahan baku mesin produksi.

Dan kini keterbatasan lahan sewa pun menjadi hambatan. Harga sewa tempat untuk distro kini meroket 50-100 persen dalam 2 tahun terakhir.

"Kami minta perhatian pemerintah kota Bandung," ujar Ketua Kreatif Independen Clothing Community Fiki Chikara Satari ketika mendampingi kunjungan Mendag Mari E Pangestu di sejumlah distro di Bandung.

Selain itu, Fiki juga mengingatkan perlunya pengaturan kawasan industri distro, karena selama ini distro di Bandung tidak pernah diatur.

Mendag Mari Elka Pangestu mengatakan industri distro di Bandung cukup menarik. Distro di Bandung bisa berkembang karena ada link dengan penggunanya. Seperti komunitas skateboard dan musik itu membutuhkan fashion untuk melengkapi aksinya dan inilah yang akhirnya bersinergi dengan distro.

"Satu lagi yang menarik itu lebih menciptakan pasar tidak menunggu pasar," ujarnya.

Kendala yang dihadapi distro menurut Mari adalah minimnya pendanaan dan isu mengenai Hak atas Kekayaan Intelektual yang kadang dilanggar dalam industri distro ini.



Sumber : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Toggle Footer