Breaking News
Loading...
Rabu, 06 Juni 2012

Ide Jitu Ubah Hobi Jadi Ladang Uang

09.34
Ide Jitu Ubah Hobi Jadi Ladang Uang
Setiap orang tentu memiliki hobi yang bermacam-macam jenisnya. Ada yang senang berkuda, berkebun, memotret, menulis puisi, memasak, mengoleksi perangko, bermain piano, menonton film, dan lain sebagainya.


Memiliki hobi memang menyenangkan, terutama sebagai aktivitas tambahan pengisi waktu luang. Akan tetapi, akan jauh lebih menyenangkan jika Anda berhasil mengubah hobi tersebut menjadi ladang uang. Berikut ini beberapa contoh hobi yang bisa mendatangkan keuntungan:

Internet mania

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang betah duduk di depan komputer berjam-jam lamanya untuk sekadar surfing di internet? Jika iya, mengapa tidak memanfaatkan hobi tersebut sebagai ajang menambah pemasukan dengan berbisnis secara online? Anda bisa memilih untuk berjualan di eBay atau bahkan membuka toko online sendiri.

Saat ini memang sudah banyak kompetitor lain yang lebih dulu eksis, karena itu Anda harus lebih kreatif dalam memilih barang yang akan dijual serta menentukan tema toko. Atau jika ternyata Anda memiliki hobi membuat perhiasan seperti kalung dan gelang unik, tak ada salahnya memasarkan hasil karya tersebut secara online.

Bertualang

Jika Anda termasuk salah satu orang yang senang bertualang mengunjungi berbagai tempat eksotis yang belum dikenal luas, mengapa tidak menuangkan pengalaman tersebut ke dalam sebuah artikel perjalanan dan mengirimkannya ke media massa seperti koran atau majalah?

Tuliskan segala hal tentang perjalanan Anda, mulai dari rute yang ditempuh serta cara mencapainya, penginapan-penginapan dengan pelayanan terbaik, hidangan khas daerah tersebut, serta dana yang harus disiapkan dan berbagai rincian lainnya. Jangan lupa untuk menyertakan beberapa foto yang diambil dari kamera Anda.

Apabila artikel tersebut dipublikasikan, Anda akan menerima imbalan yang jumlahnya lumayan untuk membantu mendanai biaya perjalanan berikutnya.

Mengoleksi benda

Sebagian orang senang mengoleksi berbagai barang, seperti perangko, komik, sampai koin-koin antik. Sebenarnya hobi ini juga berpotensi menghasilkan uang apabila Anda mengoleksi benda yang tepat. Untuk komik misalnya, yang memiliki nilai paling tinggi umumnya adalah komik-komik lawas edisi pertama atau edisi khusus cetakan terbatas (limited edition).

Di Amerika Serikat, komik Superman cetakan 1938 laku terjual seharga Rp 3,7 miliar melalui situs lelang komik ComicConnect.com tahun 2007 lalu. Sedangkan komik kisah petualangan Tintin limited edition berjudul Vol 714 por Sydney (Flight 714 to Sydney) karya Herge terbitan 1986 laku terjual seharga 9.600 euro.

Sedangkan di Indonesia, yang paling banyak diburu adalah komik dari tahun 1950-an sampai 1970-an, seperti komik-komik karya RA Kosasih, komik Mahabharata dan Bharatayudha, serta komik-komik superhero Indonesia seperti Si Buta dari Goa Hantu, Gundala Putra Petir, Godam, dan lain-lain.

Memang butuh waktu cukup lama sampai hobi yang satu ini bisa membuahkan hasil, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Mulai sekarang, tak ada salahnya memperkaya diri dengan hobi. (*/mediaindonesia.com)

Sumber : ciputraentrepreneurship.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Toggle Footer