Breaking News
Loading...
Selasa, 03 Januari 2012

Ide Jitu Usaha Minuman Dan Makanan Kaki Lima

07.51
Ide Jitu Usaha Minuman Dan Makanan Kaki Lima
Pada umumnya usaha minuman dan usaha makanan kaki lima di pandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal menurut hasil riset yang dilakukan oleh oleh balai badan penelitian dan pengembangan UKM, penghasilan para pengusaha minuman dan makanan kaki lima ini rata-rata sudah di atas UMR.

Tidak sedikit pengusaha kuliner yang telah sukses pada awalnya di mulai dari usaha kaki lima. Banyak sekali contohnya, misalnya yang  ada di daerah jakarta ada Bakmi Tebet, Es Teler 77, Baso Titoti, Bakso Lapangan Tembak Senayan, Waroeng spesial Sambal, Roti Bakar Edi, Edam Burger, Warung Dim Sum dan masih banyak lagi.

Para pengusaha kuliner yang telah sukses sebagian masih memakai konsep kaki lima namun sebagian yang lain sudah memakai konsep tempat makanan yang berkelas.

Usaha kaki lima dapat di bedakan dalam beberapa jenis.



- Usaha kaki lima yang menjual makanan pokok setiap hari, seperti warung nasi padang gerobak, warung tegal dan lain-lain.

- Usaha kaki lima yang menjual pengganti makanan pokok, seperti sate madura, sate padang, bakso, mie ayam dan lain-lain.

- Usaha kaki lima yang menjual jajanan atau makanan ringan, seperti roti bakar, martabak, gorengan, serabi, cakue dan lain-lain.

- Usaha kaki lima yang menjual berbagai minuman, seperti es degan, es jus buah, es sari tebu, es sari kedelai, es camcau, es oyen, es dawet dan lain-lain.

Di bawah ini ada beberapa faktor penting yang perlu di perhatikan sebelum memulai usaha minuman dan makanan kaki lima.

Pertama, pilih jenis usaha yang sesuai dengan kepribadian dan keahlian agar merasa senang dan nyaman dalam menjalaninya. Jangan memilih usaha diluar hobi dan keperibadian. Sebab nantinya anda kan bingung dan bosan dalam menjalankannya.

Sebagai contoh, jika anda adalah orang yang suka dengan kesibukan memasak walaupun dalam tempo waktu yang lama, maka usaha warung seperti warung padang bisa dijadikan pilihan. Namun jika anda tidak suka dengan kesibukan memasak dalam tempo waktu yang lama maka sebaiknya jangan memilih usaha warung padang.

Usaha sate ayam, pecel lele, pecel aya, tempe penyet, ayam bakar,Jika tidak ingin disibukkan oleh aktivitas memasak yang menghabiskan banyak waktu setiap harinya sebaiknya tidak membuka usaha seperti warung nasi padang. Usaha seperti sate ayam, adalah contoh usaha yang cock bagi anda yang terjun langsung dalam mengerjakannya dan tidak menghabiskan banyak waktu seperti warung padang tadi.

Jika anda termasuk orang yang senang mengoordinir dan mentraining anak buah dapat membuka usaha seperti jus buah, aneka minuman teh, kebab, martabak, atau hamburger sekaligus di beberapa tempat. Anda tinggal mengontrol setiap cabang setiap harinya.

Kedua, sebelum menjalani jenis usaha, kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya. Misalnya, mengenai jumlah modal, perlengkapan usaha, serta hambatan dan tip trik agar usaha berjalan baik dan dapat berkembang.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencari informasi. Misalnya dengan membaca buku atau artikel di internet, media massa, mengikuti seminar wirausaha, serta bertanya atau tukar pikiran dengan orang yang berpengalaman.

Ketiga, modal. Jangan berkecil hati bila tidak memiliki cukup modal untuk memulai usaha. Bila yakin dengan usaha yang akan dijalani dapat bekerja sama dengan rekan untuk membangun usaha bersama. Meskipun usaha dijalankan bersama teman atau kerabat, harus ada surat perjanjian mengenai pembagian kerja dan hasil usaha agar jika ada masalah di kemudian hari dapat diselesaikan dengan adil.

Keempat, lokasi usaha. Lokasi merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan usaha makanan dan minuman kaki lima. Berikut ini beberapa lokasi potensialnya.

1. Kampus merupakan lokasi cukup strategis untuk usaha makanan dan minuman.

2. Daerah perkantoran merupakan pasar potensial usaha makanan dan minuman kaki lima.

3. Sekitar pusat perbelanjaan tradisional atau modern.

4. Perumahan.

5. Berdekatan dengan aneka usaha lain.

6. Sesuaikan jenis usaha dengan pangsa pasar.

Semoga Info ini bermanfaat buat semua.

Sumber : peluangusaha-oke.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Toggle Footer