Breaking News
Loading...
Kamis, 23 September 2010

Ide Jitu Bisnis Kain Lurik unik yang makin dilirik

07.39
Ide Jitu Bisnis Kain Lurik unik yang makin dilirik
Ada yang lihat acara kreasi metrotv (Kreasi / Selasa, 13 April 2010 14:54 WIB) ? Yaitu mengenai kreasi dari bahan kain lurik yg menjadi Peluang Usaha Terbaru. Lurik, adalah sebutan kain tenun sederhana yang banyak ditemukan di pulau Jawa mulai zaman kerajaan Majapahit dan menjadi tenar semasa tahun 1930-an.
Kemajuan zaman dan teknologi, membuat lurik saat ini kian dilirik dan diminati. Kreatifitas pengrajin dalam berkarya membuat lurik semakin menarik dalam beragam kemasan. Kainlurik bisa menjadi baju, tas, taplak, mukena hingga selimut maupun pernak-pernik rumah tangga lainnya. Paduan warna dan bentuk membuat orang semakin melirik lurik sebagai sebuah terobosan meramaikan khazanah trend produk rumah tangga.

Salah satu perancang asal kota pelajar Yogyakarta Ninik Darmawan, senantiasa melahirkan inspirasi dari bahan alam dan ramah lingkungan seperti paduan lurik. Ditangannya lurik bukan sekedar jarit gendong mbok jamu atau sorjan pakde kusir delman, tapi menarik dalam bentuk baju pengantin, pesta hingga busana kerja maupun busana harian untuk nampang di berbagai tempat. Kelasnya-pun naik derajat dari mbok jamu menjadi busana konsumsi kaum selebriti hingga eksekutif.
Lain lagi dalam Desain Lina Berlina, lurik bahkan merasuk menembus tembok Berlin. Ragam kebaya yang diperagakan tubuh molek peragawati Berlin di atas catwalk membuat lurik tidak lagi sekedar kain gendongan semata tapi memiliki nilai lebih bagi konsumen mancanegara. Ironisnya, produksi lurik tidak semenawan tampilannya di tangan para desainer. Pusat produksi lurik di Cawas Klaten, semakin hari semakin surut jumlah pengrajinnya. Nirgenerasi terus berkutat, sedikit sekali yang mau mengembangkannya. Akhirnya tinggal generasi tua yang mau bertahan mempertahankan lurik menjadi sebuah aset leluhur yang terjaga. Alasan nilai materi lurik yang sedikit dan tidak seimbang dengan lamanya proses pembuatan atau modal menjadi pembenaran staknya produksi lurik. Tapi dengan inovasi dan minat untuk melestarikan kain asli indonesia ini . Kini kain lurik ini justru makin diminati .
Sumber : metrotvnews.com/blog/dewisuspa/2010/04/06/lurik-kain-unik-yang-makin-dilirik/

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Toggle Footer