Breaking News
Loading...
Selasa, 21 September 2010

Ide Jitu Usaha Pembesaran Lobster Air Laut di Kolam

07.37
Ide Jitu Usaha Pembesaran Lobster Air Laut di Kolam



Peluang usaha ini di latar belakangi masih tingginya permintaan akan lobster laut baik permintaan lokal atau export ( jepang dan cina ) . Yang kedua biasanya banyak lobster kecil ( anakan ) yang tersangkut di jaring nelayan , sayangnya ketika sampai di tangan pengepul dihargai sangat murah . Dari tangan nelayan lobster kecil jenis Mutiara , Pasir , Bambu / batik maupun batu dan pakistan seberat kurang dari 0.5 ons harganya Rp 30.000 / Kg . Padahal kalu mau menunggu sampai si lobster Mutiara dan lobster pasir berukuran 1 s/d 2 ons oleh exportir bisa dihargai 405.000 / kg . Bukankah harga yang berlipat ?


Menurut Handoko Yudha , bapak yang mempelajari usaha ini . Untuk proses pembesaran lobster hingga bobot 1 s/d 2 ons perlu waktu sekitar 6 Bulan . Karena harga yg berlipat akhirnya handoko menampung lobster kecil dari nelayan pangandaran , gombong dan pelabuhan ratu . Kemudian di besarkan di kolamnya di kebayoran lama , jaksel . Sepuluh kolam dia punya dilengkapi installasi arus air laut dan onsigen agar mirip dengan habitat laut . Untuk mengisi kolan dia membeli air laut Rp 400.000 per 5 m persegi . Untuk makanan diberikan cacahan ruca – ruca yaitu ikan yg tak terjual di tempat pelelangan . Harganya Rp 2000 / kg . Pemberian makan 3 kali sehari : pagi , siang dan sore . Pemberian makan perlu di kontrol jangan sampai pakan banyak tersisa dikolam karena akan menjadi racun .

PEMASARAN

Karena belum bisa export sendiri maka penjualan lewat rekanan exportir . Bagi yang mau terjun di usaha ini perlu mengetahui standart lobster untuk export . Misal jangan sampe kaki lobster putus 3 berderet , biasanya tidak laku di export . Harga lobster sangat fluktuatif , setiap 2 – 3 hari pasti berubah dengan turun / naik sekitar 10 – 20 % . Makanya nunggu harga bagus untuk menjual . Harga naik bisanya menjelang tahun baru , lebaran , natal dan imlek . Berikut perbandingan harga :
Ukuran Lobster Harga Normal / Kg Harga Hari Raya / Kg

Kurang dari 0.5 ons Rp.30.000

Lobster Mutiara 1 – 2 ons Rp. 365.000 Rp. 500.000 – 600.000

Lobster Pasir 1 -2 ons Rp. 405.000 Rp. 500.000 – 600.000

TIPS Teknis Budidaya

1. Bibit Harus Di karantina dulu

Anakan lobster yang di beli dari nelayan biasanya mengalami stress bila di bawa dalam perjalanan jarak jauh sampai di kolamnya . Tingkat kematian bisa 50 % . Itulah sebabnya lobster harus dikarantina dahulu . Seminggu lobter di karantina dan kemudia baru bisa dibawa ke jakarta ( kolam pembesarannya ) . Dengan karantina dulu maka tingkat kematian hanya sekitar 5% . Dengan biaya karantina maka bisa dihitung harga lobster menjadi 150.000 – 200.000 / kg

2. Perhatikan Volume Air , Garam dan Oksigen

Untuk menjaga kelangsungan hidup lobster laut di kolam pembesaran . perlu di perhatikan beberapa Hal :

  * Ketinggian air kolam sekitar 40 cm – 2 M . Idealnya 1 m2 diisi sekitar 30 ekor lobster .
  * Kadar garan dalam air dijaga antara 1.028 – 1.032 . Gunakan digital salt meter untuk pengecekan .
  * Sebarkan pecahan kerikil atau kerang didasar kolam agar lobster nyaman seperti dihabitat aslinya suka sembunyi di karang.
  * Jaga kecukupan oksigen dalam air dengan aerator . Bila perlu siapkan cadangan generator bila listrik PLN padam .

Semoga bermanfaat

Sumber : Majalah Ide Bisnis

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Toggle Footer